ini adalah BlogQ... Sebagai tempat mencurhatkan apa aja yang bisa mo aq tuliskan... bisa tugas juga.. sebenarnya aq bingung mau menulis apa... karena saya bukan seorang penulis ... ingin mencurahkan segala uneg-uneg, ide dan gagasan yang mungkin tidak bisa tersalurkan secara nyata.HAHAHAAA Maka dari itu dengan ngeblog, segala macam dan gagasan tersebut bisa dicurahkan dalam sebuah tulisan di blog. selain itu aq juga mau sering posting hasil belajarq.. LoVe

Sunday, November 30, 2014

Belajar SQL Sederhana


1.      Sebagai langkah awal buatlah table beserta isinya dengan isi 5 rows.
Buka portal http://localhost:8080/apex/ atau http://127.0.0.1:8080/apex/ .
Login dengan username “sys” dan password “sys”. Kita akan memulai membuat table dengan cara klik SQL > SQL Commands > Enter Command
a.       Buat table dengan cara “create table undo2miel (NPM int primary key not null, Nama varchar(25) not null, Tanggal_Lahir date not null);
b.      Masukan record pada kelima rows dengan cara “insert into undo2miel values ('14111263','Malik','18 May 1990');” dan seterusnya
c.       Tampilkan table dengan cara “select*from undo2miel;


 Dan untuk menghitung umur dari nama-nama diatas berdasarkan tanggal lahir maka dengan cara “select nama, tanggal_lahir, trunc(months_between(sysdate,tanggal_lahir)/12) as Umur from undo2miel;”



Yaitu untuk menampilkan kolom nama dan tanggal lahir kemudian rumus menghitung umur “trunc(months_between(sysdate,tanggal_lahir)/12)dengan hasil hitung akan menampilkan kolom baru yaitu Umur dari tabel undo2miel.
Rumus diatas menjelaskan hitung jarak bulan antara sysdate (tanggal system database saat ini) dikurangi dengan tanggal lahir yang akan menghasilkan banyaknya bulan dan membaginya dengan 12 (untuk menjadikan tahun) serta menghilangkan hasil koma pada statement trunc.

2.      Selanjutnya kita akan membuat akun pada system database dengan cara “create user mal1k identified by undo;”
Membuat akun user mal1k dengan password undo, untuk mengkoneksikan user maka buat query grant “grant connect to mal1k;” dan untuk memanipulasi user buat grant resource “grant resource to mal1k”. Logout (keluar dari system database). Masuk kembali dengan user baru yaitu mal1k kemudian buat kembali tabel lain dengan cara seperti diatas.

Kemudian buat kembali akun kedua dengan user mal2k dan password undo2 dengan cara logout kembali dan login system
Logout kembali dan masuk ke akun mal1k
Untuk dapat menampilkan dan mengubah data pada tabel malikq makan gunakan query “grant select, update on malikq to mal2k ;”   
Logout dari mal1k dan login ke mal2k, untuk menampilkan tabel malikq maka query adalah “select*from (user_1).(nama_tabel);”


Selain dapat mengizinkan untuk select dan update data kita juga dapat menghilangkan hak (privilege) tersebut dengan cara “revoke select on (nama_tabel) from (user_2);  query tersebut dilakukan pada akun user mal1k, berfungsi untuk mencabut kembali izin query select pada tabel malikq pada user mal2k.

Login kembali ke mal2k dan tampilkan tabel seperti sebelumnya maka akan menampilkan insufficient privileges karena hak sudah kita revoke sebelumya.