Model Program Linier
Model Kombinasi Produk
Model Kombinasi Produk
v
Quick-Screen
merupakan perusahaan garmen yang khusus memproduksi kaus dalam pertandingan
akbar, seperti misalnya World Cup. Perusahaan ini telah dikontrak untuk membuat
kaos standar dengan gambar negara pemenang. Kaos yang diproduk si terdiri dari
dua jenis, yakni kaos lengan panjang dengan gam bar di satu sisi (depan) dan
dengan gambar di dua sisi (depan dan belakang), jenis kedua adalah kaos lengan
pendek dengan bentuk gambar serupa. Perusahaan harus menyelesaikan seluruh
produksinya 72 jam setelah pertandingan final usai, di mana akan datang truk
untuk mengangkut kaos tersebut. Perusahaan harus menyelesaikan produksi tepat
waktu. Truk pengangkut memiliki kapasitas muatan sebanyak 1200 kardus ukuran
standar. Satu box ukuran standar berisi 12 kaos lengan pendek, sementara satu
kardus lengan panjang berukuran 3 kali lebih besar. Perusahaan memiliki dana
$25.000 untuk memproduksi kaos, dan juga memiliki kaos lengan pendek &
panjang polos masing2 500 lusin yang siap disablon. Persyaratan sumber daya,
biaya, dan keuntungan per lusin untuk tiap jenis kaos disajikan pada tabel
berikut :
Model Kombinasi Produk Lanjutan
Berikut Contoh Kombinas Produk Lanjutan sebagai Berikut:
Formulasi Model Kombinasi Produk
Berikut Contoh Kombinas Produk Lanjutan sebagai Berikut:
Formulasi Model Kombinasi Produk
v
Variabel
keputusan
Masalah
ini memiliki 4 variabel keputusan, yakni :
X1
= jumlah produksi kaos l. panjang gambar 1 sisi (lusin)
X2
= jumlah produksi kaos l. panjang gambar 2 sisi (lusin)
X3
= jumlah produksi kaos l. pendek gambar 1 sisi (lusin)
X4
= jumlah produksi kaos l. pendek gambar 2 sisi (lusin)
v
Fungsi
tujuan
Maksimalkan
Z = $ 90X1 + 125X2 + 45X3 + 65X4
dengan
Z adalah keuntungan.
v
Berdasarkan
kendala
0.1X1+0.25X2+0.08X3+0.21X4
£ 72
waktu produksi
3X1+
3X2+ X3+ X4
£ 1200
kapasitas truk
36X1
+ 48X2+
25X3+ 35X4 £ 25000 dana yang tersedia
X1
+ X2 £ 500
sediaan kaos panjang
X3+ X4
£ 500
sediaan kaos pendek
X1, X2, X3, X4 ³ 0
Formulasi Model Pemasaran
Variabel keputusan :
X1
= lamanya iklan lewat TV (menit)
X2
= banyaknya iklan lewat koran (halaman)
X3
= lamanya iklan lewat radio Ibu-Kota (per 30 detikdetik)
X4
= lamanya iklan lewat radio di beberapa kota besar (per menit)
Fungsi tujuan :
maksimumkan Z = 5000X1 + 8500X2 + 2400X3 +
2800X4
Z
: jangkauan audience (orang)
Berdasarkan kendala :
800X1
+ 925X2 + 190X3 + 380X4 £
8000 ® dana
yg dianggarkan
X1
£
12 ® iklan TV maksimum/ minggu
X2
£
5 ® iklan koran
maks/minggu
X3
£ 25 ® maksimum iklan radio Ibukota/minggu
X4 £ 20 ® maksimum iklan radio di
beberapa
kota besar
X3 + X4 ³ 5 ® jumlah iklan radio
190X3
+ 380X4 £
1800 ® alokasi biaya maks. Iklan
radio
X1,
X2, X3, X4 ³ 0
Solusi
Model Pemasaran
Solusi menggunakan software POM for Windows,
diperoleh :
X1
= 2 (dibulatkan), X2 = 5, X3 = 9, X4 = 0, dan Z = 74100 (dibulatkan)
Artinya perusahaan harus mengiklankan
usahanya setiap minggunya di TV selama 2 kali (masing2 1 menit), di koran 5
kali dalam seminggu (masing2 1 halaman), di radio Ibu-kota 9 kali dalam
seminggu (masing2 selama 30 detik), tidak perlu mengiklankan lewat radio di
kota2 besar, agar diperoleh jangkauan audience yang maksimal sebesar 74100.
Model
Investasi
v
Kathleen
Allen mempunyai dana $70.000 untuk diinvestasikan dalam beberapa pilihan, yakni
: obligasi pemerintah sertifikat deposito dengan tingkat pengembalian, treasury
bill, dan obligasi pendapatan, masing2 dengan tingkat pengembalian
berturut-turut 8,5%, 5%, 6,5%, dan 13%. Jumlah waktu jatuh tempo sama untuk
setiap pilihan. Akan tetapi, setiap pilihan mempunyai perbedaan risiko yang
terlihat oleh investor. Oleh karena itu, investor sebaiknya melakukan
diservifikasi. Investor ingin mengetahui berapa jumlah yang harus
diinvestasikan pada setiap pilihan sehingga dapat memaksimalkan tingkat
pengemba lian. Berikut ini pedoman dalam melakukan disersivikasi yang akan
mengurangi risiko : 1) Tidak lebih dari 20% dari total investasi dalam bentuk
obligasi pendapatan; 2) Jumlah yang diinvestasikan dalam sertifikat deposito
tidak melebihi jumlah yang diinvestasikan dalam ketiga pilihan yang lain; 3)
Paling sedikit 30% investasi dalam bentuk treasury biil; 4) Agar aman,
perbandingan investasi pada sertifikat deposito dan treasury bill dengan
investasi dalam obligasi pemerintah dalam saham harus paling tidak 1,2 : 1.
Kathleen
merencanakan untuk menginvestasikan seluruh dana.
Formulasi
Model Investasi
v
Variabel
keputusan
X1
= jumlah yang diinvestasikan dalam obligasi pemerintah ($)
X2
= jumlah yang diinvestasikan dalam sertifikat deposito ($)
X3
= jumlah yang diinvestasikan dalam treasury bill ($)
X4
= jumlah yang diinvestasikan dalam obligasi pendapatan ($)
v
Fungsi
tujuan
Maksimalkan
Z = $ 0.085X1 + 0.05X2 + 0.065X3 + 0.13X4
Z
= total pengembalian investasi
v
Berdasarkan
kendala :
1)
X1 £
14,000 ®
(tidak lebih dr. 20% total investasi)
2)
X2 £ X1 + X3 + X4 atau X1 – X2+X3+X4 ³ 0 ® jumlah yang diinvestasi- kan
dalam sertifikat deposito tidak melebihi jumlah ke 3 pilihan yg lain
3)
X2 + X3 ³ 21,000
® jumlah yang diinvestasikan dalam sertifikat
deposito dan treasury bill paling
tidak 30% dari dana yang tersedia
4)
(X2+X3)/(X1+X4) ³ 1.2 atau X2 +
X3 ³ 1.2(X1 + X4) atau
–
1.2X1 + X2 + X3 – 1.2X4 ³ 0 ® perbandingan
jumlah diinvestasikan dalam
sertifikat deposito dan treasury bill dengan obligasi pemerintah dan obligasi pendapatan paling
tidak 1.2 : 1
5)
X1 + X2 + X3 + X4 £ 70,000 ® dana yang akan diinvestasikan
6)
X1, X2, X3, X4 ³ 0
Model
Analisis Kumpulan Data (DEA)
Sebagai
implementasi dari sebuah undang2 yang baru dikeluarkan, seorang anggauta
konggres dari suatu distrik mendapat alokasi anggaran sebesar $4 juta untuk
beberapa program & proyek. Menjadi kewenangan anggauta kongres untuk
melakukan distribusi penggunaan dana tersebut. Berdasarkan
tingkat
kepentingan terhadap pembangunan distrik dia telah menetapkan bahwa dana
tersebut akan dialokasikan pada 4 buah proyek yang saat ini telah berjalan,
yakni program pelatihan kerja, proyek taman kota, proyek sanitasi, dan
perpuskaan keliling. Walaupun demikian
anggauta kongres
tersebut
ingin memastikan bahwa pembagian dana tersebut
akan memberikan kepuasan yang paling besar untuk para pemilihnya, dengan kata lain
pembagian itu harus dapat meningkatkan perolehan suara yang paling besar pada
pemilu yang akan datang. Oleh karena itu,
para stafnya telah melakukan riset tentang seberapa besar potensi masing2 proyek untuk dapat mendulang suara bagi sang
anggauta kongres. Didapatkan hasil
penelitian tentang berapa besar suara yang dapat didapatkan untuk setiap dolar
yang diinvestasikan pada setiap proyek sebagai berikut :
Proyek
|
Jumlah
suara/dolar
|
Pelatihan
kerja
|
0.02
|
Taman
|
0.09
|
Sanitasi
|
0.06
|
Perpustakaan
|
0.04
|
Selain itu
terdapat beberapa kendala yang harus dipenuhi berkaitan dengan aspirasi dari
beberapa tokoh2 yang berpengaruh dan juga merupakan penyandang dana utama
kampanyenya :
•
Tidak boleh ada proyek yang mendapatkan lebih
dari 40% alokasi dana
•
Jumlah alokasi dana untuk taman tidak boleh
melebihi total alokasi untuk sanitasi dan perpustakaan keliling.
•
Jumlah alokasi untuk pelatihan kerja harus
paling sedikit sama dengan alokasi dana untuk proyek sanitasi.
•
Semua dana harus habis terbagikan.
Ok.. Terima Kasih atas Postingnya !!!.....
ReplyDeleteOk.. Terima Kasih atas Postingnya !!!.....
ReplyDelete