Mulai sekarang web oktacute999 akan di isi juga dengan materi yangokta dapat dari kamus soo bukan cuma curhat pribadi aja
biar web ini bermanfaat bagi orang lain....Hehehhe
Mengenal
Visual Basic (VB)
Visual
Basic adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah
perintah-perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas
tertentu. Bahasa pemrograman Visual Basic, yang dikembangkan oleh Microsoft
sejak tahun 1991, merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa
pemrograman BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code)
yang dikembangkan pada era 1950-an. Visual Basic merupakan salah satu Development
Tool yaitu alat bantu untuk membuat berbagai macam program komputer,
khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows. Visual Basic merupakan salah
satu bahasa pemrograman komputer yang mendukung object (Object Oriented
Programming = OOP).
Visual
Basic merupakan software pengembangan dari bahasa pemrograman BASIC dengan
ramai pemrograman beroientasi object (visual) maka lahir bahasa pemrograman
Visual Basic, yang didukung aplikasi-aplikasi lain seperti Crystal Report,
Microsoft Access dan lain-lainnya.
Beberapa Pengertian penting OOP.
1.
Properties
Propeties
adalah karakteristik atau atribut-atribut yang dimiliki oleh suatu objek,
contoh : Tinggi Objek, Lebar Objek, Nama Objek dan Lain-lainnya. Atau
karakteristik yang dimiliki object
2. Event
Event
adalah suatu kejadian yang dimiliki oleh suatu objek, seperti kejadian jika
objek ditinggalkan, kejadian jika objek diklik, kejadian jika objek diubah dan
lain-lainnya. Atau kejadian yang dapat dialami oleh object
3. Form
Form adalah tempat kita membuat
tampilan program atau tempat untuk menempatkan objek-objek.
4. Method
Method
adalah suatu perintah seperti halnya fungsi dan procedure. Atau aksi yang dapat
dilakukan oleh object
5. Variabel,
Variabel adalah
suatu tempat untuk menampung data sementara yang memikili jenis data tertentu
sesuai dengan jenis data yang dikandungnya.
6. Konstanta
Konstanta adalah suatu tetapan yang
tidak dapat berubah selama program berjalan, tidak seperti variable dapat
berubah.
7. Jenis Data
Setiap
Variabel harus mempunyai jenis data yang perlu diperhatikan dari jenis data ini
dalah penggunaan memori, sesuai dengan kebutuhan. Contoh : Integer, Single,
Double, dan Lain-lainnya.
8. Operator
Operator adalah suatu yang
menghubungkan operand seperti jumlah, kurang, kali dan lain-lainnya. Contoh : C=A*B. tanda * merupakan
operator yang menghubungkan operand A, B.
Mengenal Integrated
Development Environment (IDE) VB 6
Aktifkan VB 6 melalui
tombol Start > Programs > Microsoft Visual Studio 6.0 > Microsoft
Visual Basic 6.0.
Tunggulah beberapa saat hingga muncul tampilan berikut :
Pilih Standard EXE dan klik tombol Open.
Anda akan melihat tampilan area kerja atau IDE VB 6. Kenali
bagian-bagian utama di dalam IDE VB 6 berikut ini :
Menggunakan
Event dan Property
Membuat
User Interface (UI)
Aktifkan
VB 6 melalui tombol Start.
Kenali
jenis-jenis komponen (control) yang ada di dalam bagian ToolBox :
Untuk
Latihannya silahkan coba masukkan beberapa komponen yang ada pada toolbox
diatas seperti : Label, textbox, command button, dll.
Mengatur
Property Object
Kenali bagian-bagian di dalam Jendela Properties :
Untuk mengatur suatu objek yang dimasukkan, anda bisa
mengaturnya melalui property suatu objek/ komponen yang dimasukkan.
Menulis Kode Program : Property Test
Buka Jendela Code dan kenali bagian-bagian di dalamnya :
Program
yang berbasis Windows bersifat event-driven, artinya program bekerja
berdasarkan event yang terjadi pada object di dalam program tersebut. Misalnya,
jika seorang user meng-klik sebuah tombol maka program akan memberikan “reaksi”
terhadap event klik tersebut. Program akan memberikan “reaksi” sesuai dengan
kode-kode program yang dibuat untuk suatu event pada object tertentu.
Pilih
object Command1 pada bagian Object Selector. Secara otomatis
pada bagian Code Editor akan muncul blok kode program berikut :
Private
Sub Command1_Click()
End Sub
Dalam
jendela code terdapat pernyataan-pernyataan program yang menandai awal dan
akhir subrutin Visual Basic tertentu, atau event procedure, sebuah blok kode
yang berhubungan dengan objek tertentu pada antarmuka.
Tip ;
Nama lain untuk pengejaan, urut-urutan serta pemakaian
spasi yang tepat pada penulisan keyword pada program disebut dengan istilah
statement syntax.
Sewaktu anda mengetikkan kode program, Visual Basic
memformat teks tersebut dan menampilkan bagian-bagian program yang berbeda
dengan warna untuk membantu anda mengenali elemen yang berbeda. Apabila anda
mengetikkan sebuah property, Visual Basic juga menampilkan property yang
tersedia untuk objek yang anda gunakan pada kotak daftar. Jika Visual
Basic menampilkan pesan error, berarti anda salah mengetikkan pernyataan
program. Periksalah baris program kembali, buatlah perbaikan yang diperlukan,
lalu lanjtkan mengetikkan sintax programnya.
PEMBELAJARAN
1
Program
tampilan Sederhana
Program dibawah
ini sebagai latihan awal untuk membuatkan sebuah program sederhana dengan
menampilkan suatu text dalam label sehingga menghasilkan tampilan keluaran
berupa tulisan “Selamat Datang di Pemrograman Visual Basic”.
Latihan
1 :
ð Buatkan
tampilan dibawah ini dengan menggunakan Label dan Command
Button.
ð Sintax
Program Button ”Pesan Saya”
Private Sub
Command1_Click()
Label1.Caption
="Selamat Datang
di Pemrograman Visual Basic"
Label1.ForeColor
= vbBlue
End Sub
Latihan 2 :
ð Buatkan
Tampilan form dibawah ini dengan menggunakan : Label, Text dan Command
Button
ð Sintax
Program ;
Private Sub Command1_Click()
Label1.Caption = Text1.Text
Label1.Font.Size = 16
Label1.ForeColor = vbBlue
Label1.FontBold = True
End Sub
Private Sub Command2_Click()
End
End Sub
Private Sub Form_Activate()
Text1.SetFocus
End Sub
Latihan
3 :
ð Buatkan
Tampilan form dibawah ini dengan menggunakan : Label, Text, Command
Button, Option Button, Checkbox dan Frame
ð Sintax
Program ;
Private
Sub Command1_Click()
Label2.Caption
= Text1.Text
End Sub
Private
Sub Command2_Click()
End
End Sub
Private
Sub Option1_Click()
Label2.ForeColor = vbBlue
End Sub
Private
Sub Option2_Click()
Label2.ForeColor = vbRed
End Sub
Private
Sub Check1_Click()
Label2.FontBold = Check1.Value
End Sub
Private
Sub Check2_Click()
Label2.FontItalic = Check2.Value
End Sub
Private
Sub Check3_Click()
Label2.FontUnderline = Check3.Value
End Sub
Latihan
4 :
ð Buatkan
Tampilan form dibawah ini dan Tuliskan Sintax programnya.
PEMBELAJARAN
2
Pada
Pembelajaran kedua kita mencoba menggunakan Komponen lain untuk bisa membuat
suatu program inputan pada komponen Label, Text, Listbox dan komponen Combobox.
Latihan
1 :
ð Buatkan
tampilan dibawah ini dengan menggunakan Label dan Combo dan
Button.
ð Sintax
Program ;
Private Sub Form_Load()
Combo1.AddItem
"Pemrograman"
Combo1.AddItem
"Microsoft"
Combo1.AddItem
"Visual"
Combo1.AddItem
"Basic"
End Sub
Private Sub
Combo1_Click()
Label1.Caption =
Combo1.Text
Combo1.SetFocus
End Sub
Private Sub
Command1_Click()
Label1.Caption =
Combo1.Text
Combo1.SetFocus
End Sub
Latihan 2
:
ð Buatkan
tampilan dibawah ini dengan menggunakan Label dan Combo dan
Button.
Keterangan
:
Combo1 berisi Beberapa Field ini :
-
Microsoft Windows XP
-
Linux
-
UNIX
-
Macinthosh
-
Free BSD
Combo2
berisi Field :
-
Microsoft Word
-
Microsoft Excell
-
Microsoft Access
-
Microsoft Power Point
-
Microsoft Publisher
-
Button Proses untuk mengaktifkan data yangada di
label supaya muncul sesuai yang ada pada Combo.
-
Button Ulang berfungsi untuk menghilangkan kembali
tulisan yang ada pada label.
Latihan 3
:
ð Buatkan
tampilan dibawah ini dengan menggunakan listbox dan Combo
dan Button.
-
Isi combo dengan beberapa field nama seseorang :
Michael Jhonson
Peter Smith
Albert Enstein
Linus Torvalds
Bill Gates
-
Perintah Add untuk menampilkan data yang di combo
muncul pada listbox.
-
Perintah Delete untuk menghapus field yang sudah
masuk di listbox. Dengan menghapus satu-satu pada listbox.
-
Perintah Clear untuk mengosongkan kembali tampilan
pada ListBox.
PEMBELAJARAN
3
Penggunaan Data dan Variabel
Mengenal
Data dan Variabel
Ketika seorang user (pengguna) menggunakan sebuah
program komputer, seringkali komputer memintanya untuk memberikan informasi.
Informasi ini kemudian disimpan atau diolah oleh komputer. Informasi inilah
yang disebut dengan DATA.
Visual Basic 6 mengenal beberapa type
data, antara lain :
-
String adalah type data untuk teks (huruf, angka dan tanda
baca).
-
Integer adalah type data untuk angka bulat.
-
Single
adalah type data
untuk angka pecahan.
-
Currency
adalah type data
untuk angka mata uang.
-
Date
adalah type data
untuk tanggal dan jam.
-
Boolean
adalah type data yang
bernilai TRUE atau FALSE.
Data yang
disimpan di dalam memory komputer membutuhkan sebuah wadah. Wadah inilah yang
disebut dengan VARIABEL. Setiap variabel untuk menyimpan data dengan
type tertentu membutuhkan alokasi jumlah memory (byte) yang berbeda. Variabel
dibuat melalui penulisan deklarasi variabel di dalam kode program :
Dim <nama_variabel> As
<type_data>
Contoh : Dim nama_user As String
Aturan di dalam penamaan variabel :
-
Harus diawali dengan huruf.
-
Tidak boleh menggunakan spasi. Spasi bisa diganti dengan
karakter underscore (_).
-
Tidak boleh menggunakan karakter-karakter khusus (seperti
: +, -, *, /, <, >, dll).
-
Tidak boleh menggunakan kata-kata kunci yang sudah
dikenal oleh Visual Basic 6 (seperti : dim, as, string, integer, dll).
Sebuah
variabel hanya dapat menyimpan satu nilai data sesuai dengan type datanya. Cara
mengisi nilai data ke dalam sebuah variabel :
<nama_variabel>
= <nilai_data>
Contoh :
nama_user = “krisna”
Untuk type data tertentu nilai_data harus diapit tanda
pembatas. Type data string dibatasi tanda petikganda : “nilai_data”. Type data
date dibatasi tanda pagar : #nilai_data#. Type data lainnya tidak perlutanda
pembatas.
Sebuah
variabel mempunyai ruang-lingkup (scope) dan waktu-hidup (lifetime)
:
- Variabel
global adalah variabel yang dapat dikenali oleh seluruh bagian
program. Nilai data yang
tersimpan didalamnya akan hidup terus selama program berjalan.
- Variabel
lokal adalah variabel yang hanya dikenali oleh satu bagian
program saja. Nilai data
yang tersimpan didalamnya hanya hidup selama bagian program tersebut
dijalankan.
Variabel
yang nilai datanya bersifat tetap dan tidak bisa diubah disebut KONSTANTA.
Penulisan deklarasi konstanta di dalam kode program :
Const <nama_kontanta> As
<type_data> = <nilai_data>
Contoh : Const tgl_gajian As Date =
#25/09/2003#
Latihan 1
:
Buatkan tampilan
dibawah ini dengan menggunakan Button dan Text.
Sintax
Program
Private Sub
Command1_Click()
Dim test1
As String
test1 =
"nusantara"
Label1.Caption
= test1
End Sub
Private Sub
Command2_Click()
Dim Test2
As Integer
test2 = 10
Label1.Caption
= test1
End Sub
Private Sub
Command3_Click()
Const test3
As Single = 90.55
Label1.Caption
= test1
End Sub
Latihan 2
:
Buatkan tampilan
dibawah ini dengan menggunakan Button dan Text.
Sintax
Program :
Sintax Program :
Private Sub
Command1_Click()
Dim X, Y As
Integer
X = Text1.Text
Y = Text2.Text
Text3.Text = X +
Y
End Sub
Private Sub
Command2_Click()
Text1.Text =
""
Text2.Text =
"" Text3.Text = ""
Text1.SetFocus
End Sub
Latihan 3
:
Buatkan tampilan
dibawah ini dan tuliskan sintax programnya.
PEMBELAJARAN
4
QUIS
Visual Basic 6 mengenal beberapa type
data, antara lain :
-
String adalah type data untuk teks (huruf, angka dan tanda
baca).
-
Integer adalah type data untuk angka bulat.
-
Single
adalah type data
untuk angka pecahan.
-
Currency
adalah type data
untuk angka mata uang.
-
Date
adalah type data
untuk tanggal dan jam.
-
Boolean
adalah type data yang
bernilai TRUE atau FALSE.
Data yang
disimpan di dalam memory komputer membutuhkan sebuah wadah. Wadah inilah yang
disebut dengan VARIABEL. Setiap variabel untuk menyimpan data dengan
type tertentu membutuhkan alokasi jumlah memory (byte) yang berbeda. Variabel
dibuat melalui penulisan deklarasi variabel di dalam kode program :
Dim <nama_variabel> As
<type_data>
Contoh : Dim nama_user As String
Latihan 1 :
Buatkan tampilan dibawah ini :
Code
Program :
Dim var1 As Single, var2 As Single
Dim hasil As Single
Private Sub Form_Load()
Text1.Text =
""
Text2.Text =
""
Label3.Caption
= ""
End Sub
Private Sub Option1_Click()
var1 =
Text1.Text
var2 =
Text2.Text
hasil = var1 +
var2
Label3.Caption
= hasil
End Sub
Private Sub Option2_Click()
var1 =
Text1.Text
var2 =
Text2.Text
hasil = var1 -
var2
Label3.Caption
= hasil
End Sub
Private Sub Option3_Click()
var1 =
Text1.Text
var2 =
Text2.Text
hasil = var1 *
var2
Label3.Caption
= hasil
End Sub
Private Sub Option4_Click()
var1 =
Text1.Text
var2 =
Text2.Text
hasil = var1 /
var2
Label3.Caption
= hasil
End Sub
Private Sub Option5_Click()
var1 =
Text1.Text
var2 =
Text2.Text
hasil = var1
& var2
Label3.Caption
= hasil
End Sub
Private Sub Option6_Click()
var1 =
Text1.Text
var2 =
Text2.Text
hasil = (var1
> var2)
Label3.Caption
= Format(hasil, "True/False")
End Sub
Private Sub Option7_Click()
var1 =
Text1.Text
var2 =
Text2.Text
hasil = (var1
< var2)
Label3.Caption
= Format(hasil, "True/False")
End Sub
Private Sub Option8_Click()
var1 =
Text1.Text
var2 =
Text2.Text
hasil = (var1 =
var2)
Label3.Caption
= Format(hasil, "True/False")
End Sub
Private Sub Option9_Click()
var1 =
Text1.Text
var2 =
Text2.Text
hasil = (var1
<> var2)
Label3.Caption
= Format(hasil, "True/False")
End Sub
Private Sub Option10_Click()
var1 =
Text1.Text
var2 =
Text2.Text
hasil = (var1
>= var2)
Label3.Caption
= Format(hasil, "True/False")
End Sub
Private Sub Option11_Click()
var1 =
Text1.Text
var2 =
Text2.Text
hasil = (var1
<= var2)
Label3.Caption
= Format(hasil, "True/False")
End Sub
Private Sub Option12_Click()
var1 = IIf(Text1.Text = "True", -1,
0)
hasil = Not
(var1)
Label3.Caption
= Format(hasil, "True/False")
End Sub
Private Sub Option13_Click()
var1 =
IIf(Text1.Text = "True", -1, 0)
var2 =
IIf(Text2.Text = "True", -1, 0)
hasil = (var1
Or var2)
Label3.Caption
= Format(hasil, "True/False")
End Sub
Private Sub Option14_Click()
var1 =
IIf(Text1.Text = "True", -1, 0)
var2 =
IIf(Text2.Text = "True", -1, 0)
hasil = (var1
And var2)
Label3.Caption
= Format(hasil, "True/False")
End Sub
Latihan 2 :
Kerjakan soal
dibawah ini sebagai penilaian QUIS anda:
1.
Buatkan satu tampilan program untuk menampilkan rumus
Volume dan Luas Balok.
2.
Buatkan tampilan program untuk menampilkan rumus Volume
Tabung.
3.
Buatkan tampilan program untuk menampilkan rumus Luas
Segitiga.
4.
Buatkan tampilan program untuk menampilkan rumus Luas
Lingkaran.
PEMBELAJARAN
5
MENGENAL STRUKTUR KONTROL
Struktur kontrol di dalam bahasa pemrograman adalah perintah dengan
bentuk (struktur) tertentu yang digunakan untuk mengatur (mengontrol) jalannya
program. Visual Basic 6 mengenal dua
jenis struktur kontrol, yaitu :
1. Struktur kontrol keputusan - digunakan untuk memutuskan kode program mana yang
akan dikerjakan berdasarkan suatu kondisi. Akan dibahas pada bab ini.
2. Struktur kontrol pengulangan - digunakan untuk melakukan pengulangan kode
program. Akan dibahas pada bab
selanjutnya.
Ada dua bentuk struktur kontrol keputusan, yaitu :
1. Struktur IF…THEN. Akan dibahas pada bab
ini.
2. Struktur SELECT…CASE. Akan dibahas pada
bab selanjutnya.
Bentuk penulisan (syntax) struktur IF…THEN :
1. IF <kondisi> THEN <kode program>
Bila <kondisi> bernilai
True maka <kode program> akan dikerjakan.
2. IF <kondisi> THEN <blok kode program
1>
ELSE
<blok
kode program 2>
END IF
Bila <kondisi> bernilai
True maka <blok kode program 1> akan dikerjakan, tetapi bila
<kondisi> bernilai False maka <blok kode program 2> yang akan
dikerjakan.
Latihan
1 :
ð Sintax
Program ;
Private Sub
Command1_Click()
If Text1.Text = "Rahasia"
Then Image1.Visible = True
End Sub
Anda juga bisa menuliskan Code
Program seperti dibawah ini dengan menggunakan fungsi kondisi If-Then-Else :
ð Sintax
Program ;
Private Sub
Command1_Click()
If Text1.Text = "Rahasia"
Then
Image1.Visible = True
Text1.Enabled = False
Command1.Enabled = False
Else
MsgBox "Passwordnya
Salah !"
Text1.Text = ""
Text1.SetFocus
End If
End Sub
Latihan 2
:
Buat tampilan program dan masukkan
componen Label, Text dan Command. Keterangan program akan menampilkan jika :
Nilai
|
Keterangan
|
A
|
Sangat Baik
|
B
|
Baik
|
C
|
Cukup
|
D
|
Kurang
|
Selain
itu
|
Tidak Dikenal
|
Latihan 3 :
Buat tampilan program dan masukkan
componen Label, Text dan Command. Keterangan program akan menampilkan jika :
Nilai
|
Keterangan
|
>=
90
|
Sangat Memuaskan
|
80 –
89
|
Memuaskan
|
70 –
79
|
Baik
|
60 –
69
|
Cukup
|
0 – 59
|
Kurang
|
PEMBELAJARAN
6
MENGENAL STRUKTUR KONTROL
Ada dua bentuk struktur kontrol keputusan, yaitu :
1. Struktur IF…THEN. Sudah dibahas pada bab
yang lalu.
2. Struktur SELECT…CASE. Akan dibahas pada
bab ini.
1.2 Struktur Kontrol Select…Case
Bentuk penulisan (syntax) struktur
SELECT…CASE :
SELECT CASE <pilihan>
CASE <pilihan 1>
<blok kode program 1>
CASE <pilihan 2>
<blok kode program 2>
CASE <pilihan n>
<blok kode program n>
[CASE ELSE
<blok kode program
x>]
END SELECT
Bila <pilihan> sesuai
dengan <pilihan 1> maka <blok kode program 1> akan dikerjakan, dst.
Tetapi bila <pilihan> tidak ada yang sesuai dengan <pilihan 1> s/d
<pilihan n> maka <blok kode program x> yang akan dikerjakan.
Latihan 1 :
ð Sintax
Program ;
Private Sub Form_Load()
List1.AddItem
"Disket"
List1.AddItem
"Buku"
List1.AddItem
"Kertas"
List1.AddItem
"Pulpen"
End Sub
Private Sub
Command1_Click()
Dim harga As Currency,
total As Currency
Dim jumlah As Integer
Dim diskon As Single
Dim satuan As String
If List1.Text =
"" Then
MsgBox "Anda belum
memilih barang !!"
List1.ListIndex = 0
Exit Sub
End If
If Text1.Text =
"" Then
MsgBox "Anda belum
mengisi jumlah barang !!"
Text1.SetFocus
Exit Sub
End If
Select Case List1.Text
Case "Disket"
harga = 35000
satuan = "Box"
Case "Buku"
harga = 20000
satuan = "Lusin"
Case "Kertas"
harga = 25000
satuan = "Rim"
Case "Pulpen"
harga = 10000
satuan = "Pak"
End Select
lblBarang.Caption =
"Barang : " & List1.Text
lblHarga.Caption =
"Harga : " & Format(harga, "Currency") &
"/" & satuan
lblJumlah.Caption =
"Jumlah : " & Text1.Text & " " & satuan
jumlah = Text1.Text
Select Case jumlah
Case Is < 10
diskon = 0
Case 10 To 20
diskon = 0.15
Case Else
diskon = 0.2
End Select
total = jumlah * (harga * (1 -
diskon))
lblDiskon.Caption =
"Diskon : " & Format(diskon, "0 %")
lblTotal.Caption =
"Total Bayar : " & Format(total, "Currency")
End Sub
Latihan 2
:
Buat tampilan program dan masukkan
componen Label, Text dan Command. Keterangan program akan menampilkan jika :
Nilai
|
Keterangan
|
A
|
Sangat Baik
|
B
|
Baik
|
C
|
Cukup
|
D
|
Kurang
|
Selain
itu
|
Tidak Dikenal
|
Latihan 3 :
Buat tampilan program dan masukkan
componen Label, Text dan Command. Keterangan program akan menampilkan jika :
Nilai
|
Keterangan
|
>=
90
|
Sangat Memuaskan
|
80 –
89
|
Memuaskan
|
70 –
79
|
Baik
|
60 –
69
|
Cukup
|
0 – 59
|
Kurang
|
PEMBELAJARAN
7
PENGGUNAAN
STRUKTUR KONTROL PENGULANGAN
Mengenal Struktur Kontrol
Struktur kontrol di dalam bahasa pemrograman adalah perintah
dengan bentuk (struktur) tertentu yang digunakan untuk mengatur (mengontrol) jalannya
program. Visual Basic 6 mengenal dua jenis struktur kontrol, yaitu :
- Struktur kontrol keputusan - digunakan untuk memutuskan kode program mana
yang akan dikerjakan berdasarkan suatu kondisi. Sudah dibahas pada bab
lalu.
- Struktur kontrol pengulangan - digunakan untuk melakukan pengulangan kode
program. Akan dibahas pada bab ini.
Ada dua bentuk struktur kontrol pengulangan (looping),
yaitu :
1. Struktur FOR…NEXT.
2. Struktur DO…LOOP.
·
STRUKTUR KONTROL
FOR…NEXT
Bentuk penulisan (syntax)
struktur For…Next :
FOR
<pencacah> = <awal> TO <akhir> [STEP <langkah>] <blok
kode program> NEXT <pencacah>
<pencacah> adalah variabel (tipe: integer)
yang digunakan untuk menyimpan angka pengulangan.
<awal> adalah nilai awal dari
<pencacah>.
<akhir> adalah nilai akhir dari
<pencacah>.
<langkah> adalah perubahan nilai <pencacah> setiap
pengulangan. Sifatnya optional (boleh ditulis ataupun tidak). Bila tidak
ditulis maka nilai <langkah> adalah 1.
·
STRUKTUR KONTROL
DO…LOOP
Bentuk penulisan (syntax) struktur
Do…Loop :
- DO WHILE <kondisi>
<blok kode
program>
LOOP
<blok kode program> akan diulang selama
<kondisi> bernilai TRUE. Pengulangan berhenti bila <kondisi>
sudah bernilai FALSE.
- DO UNTIL <kondisi>
<blok kode
program>
LOOP
<blok kode program> akan diulang sampai
<kondisi> bernilai TRUE. Pengulangan berhenti bila <kondisi> sudah bernilai TRUE.
Latihan 1 :
ð Sintax
Program ;
Dim i As Integer
Private Sub Command1_Click()
List1.Clear
For i = 1 To
100
List1.AddItem "Angka " & i
'If i = 50
Then Exit For
Next i
End Sub
Private Sub Command2_Click()
List1.Clear
For i = 100 To
1 Step -2
List1.AddItem "Angka " & i
Next i
End Sub
Private Sub Command3_Click()
List1.Clear
i =
Asc("A")
Do Until i >
Asc("Z")
List1.AddItem "Huruf " & Chr(i)
'If Chr(i)
= "M" Then Exit Do
i = i + 1
Loop
End Sub
Private Sub Command4_Click()
List1.Clear
i =
Asc("Z")
Do While i
>= Asc("A")
List1.AddItem "Huruf " & Chr(i)
i = i - 1
Loop
End Sub
Latihan 2 :
Gunakan Struktur Kontrol For..Next atau Do..Loop
Buatkan code programnya Jika di Klik tiap Button, dengan
ketentuan :
·
List1 berisi tulisan “Pemrograman “ sebanyak 100
·
List1 berisi tulisan “Visual “ sebanyak 100
·
List1 berisi tulisan “Basic “ sebanyak 100
Latihan
3 :
Ketentuan :
- Combo1 berisi “Pemrograman”, “Visual”, “Basic”.
- Setiap isi yang ditampilkan di combo1 akan keluar di
List1 sebanyak 100 kali.