ini adalah BlogQ... Sebagai tempat mencurhatkan apa aja yang bisa mo aq tuliskan... bisa tugas juga.. sebenarnya aq bingung mau menulis apa... karena saya bukan seorang penulis ... ingin mencurahkan segala uneg-uneg, ide dan gagasan yang mungkin tidak bisa tersalurkan secara nyata.HAHAHAAA Maka dari itu dengan ngeblog, segala macam dan gagasan tersebut bisa dicurahkan dalam sebuah tulisan di blog. selain itu aq juga mau sering posting hasil belajarq.. LoVe

Saturday, October 11, 2014

Penggunaan Data dan Variabel

Belajar yukkk bersama oktacute :)

Mulai sekarang web oktacute999 akan di isi juga dengan materi yangokta dapat dari kamus soo bukan cuma  curhat pribadi aja
biar  web ini bermanfaat bagi orang lain....Hehehhe



Mengenal Visual Basic (VB)

Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Bahasa pemrograman Visual Basic, yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991, merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era 1950-an. Visual Basic merupakan salah satu Development Tool yaitu alat bantu untuk membuat berbagai macam program komputer, khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows. Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang mendukung object (Object Oriented Programming = OOP).
          Visual Basic merupakan software pengembangan dari bahasa pemrograman BASIC dengan ramai pemrograman beroientasi object (visual) maka lahir bahasa pemrograman Visual Basic, yang didukung aplikasi-aplikasi lain seperti Crystal Report, Microsoft Access dan lain-lainnya.

Beberapa Pengertian penting OOP.
1.  Properties
Propeties adalah karakteristik atau atribut-atribut yang dimiliki oleh suatu objek, contoh : Tinggi Objek, Lebar Objek, Nama Objek dan Lain-lainnya. Atau karakteristik yang dimiliki object
2.  Event
Event adalah suatu kejadian yang dimiliki oleh suatu objek, seperti kejadian jika objek ditinggalkan, kejadian jika objek diklik, kejadian jika objek diubah dan lain-lainnya. Atau kejadian yang dapat dialami oleh object
3.  Form
Form adalah tempat kita membuat tampilan program atau tempat untuk menempatkan objek-objek.
4.  Method
Method adalah suatu perintah seperti halnya fungsi dan procedure. Atau aksi yang dapat dilakukan oleh object
5.  Variabel,
Variabel adalah suatu tempat untuk menampung data sementara yang memikili jenis data tertentu sesuai dengan jenis data yang dikandungnya.


6.  Konstanta
Konstanta adalah suatu tetapan yang tidak dapat berubah selama program berjalan, tidak seperti variable dapat berubah.
7.  Jenis Data
Setiap Variabel harus mempunyai jenis data yang perlu diperhatikan dari jenis data ini dalah penggunaan memori, sesuai dengan kebutuhan. Contoh : Integer, Single, Double, dan Lain-lainnya.
8.  Operator
Operator adalah suatu yang menghubungkan operand seperti jumlah, kurang, kali dan lain-lainnya. Contoh : C=A*B. tanda * merupakan operator yang menghubungkan operand A, B.

Mengenal Integrated Development Environment (IDE) VB 6

Aktifkan VB 6 melalui tombol Start > Programs > Microsoft Visual Studio 6.0 > Microsoft Visual Basic 6.0.
Tunggulah beberapa saat hingga muncul tampilan berikut :

Pilih Standard EXE dan klik tombol Open.
Anda akan melihat tampilan area kerja atau IDE VB 6. Kenali bagian-bagian utama di dalam IDE VB 6 berikut ini :






Menggunakan Event dan Property
Membuat User Interface (UI)
Aktifkan VB 6 melalui tombol Start.
Kenali jenis-jenis komponen (control) yang ada di dalam bagian ToolBox :
Untuk Latihannya silahkan coba masukkan beberapa komponen yang ada pada toolbox diatas seperti : Label, textbox, command button, dll.

Mengatur Property Object
Kenali bagian-bagian di dalam Jendela Properties :

Untuk mengatur suatu objek yang dimasukkan, anda bisa mengaturnya melalui property suatu objek/ komponen yang dimasukkan.


Menulis Kode Program : Property Test
Buka Jendela Code dan kenali bagian-bagian di dalamnya :

Program yang berbasis Windows bersifat event-driven, artinya program bekerja berdasarkan event yang terjadi pada object di dalam program tersebut. Misalnya, jika seorang user meng-klik sebuah tombol maka program akan memberikan “reaksi” terhadap event klik tersebut. Program akan memberikan “reaksi” sesuai dengan kode-kode program yang dibuat untuk suatu event pada object tertentu.
Pilih object Command1 pada bagian Object Selector. Secara otomatis pada bagian Code Editor akan muncul blok kode program berikut :

Private Sub Command1_Click()

End Sub

Dalam jendela code terdapat pernyataan-pernyataan program yang menandai awal dan akhir subrutin Visual Basic tertentu, atau event procedure, sebuah blok kode yang berhubungan dengan objek tertentu pada antarmuka.


Tip ;
Nama lain untuk pengejaan, urut-urutan serta pemakaian spasi yang tepat pada penulisan keyword pada program disebut dengan istilah statement syntax.

Sewaktu anda mengetikkan kode program, Visual Basic memformat teks tersebut dan menampilkan bagian-bagian program yang berbeda dengan warna untuk membantu anda mengenali elemen yang berbeda. Apabila anda mengetikkan sebuah property, Visual Basic juga menampilkan property yang tersedia untuk objek yang anda gunakan pada kotak daftar. Jika Visual Basic menampilkan pesan error, berarti anda salah mengetikkan pernyataan program. Periksalah baris program kembali, buatlah perbaikan yang diperlukan, lalu lanjtkan mengetikkan sintax programnya.


PEMBELAJARAN 1

Program tampilan Sederhana
Program dibawah ini sebagai latihan awal untuk membuatkan sebuah program sederhana dengan menampilkan suatu text dalam label sehingga menghasilkan tampilan keluaran berupa tulisan “Selamat Datang di Pemrograman Visual Basic”.

Latihan 1 :
ð  Buatkan tampilan dibawah ini dengan menggunakan Label dan Command Button.


ð  Sintax Program Button ”Pesan Saya”
Private Sub Command1_Click()
Label1.Caption ="Selamat Datang di Pemrograman Visual Basic"
Label1.ForeColor = vbBlue
End Sub



 Latihan 2 :

ð  Buatkan Tampilan form dibawah ini dengan menggunakan : Label, Text dan Command Button
 











ð  Sintax Program ;
Private Sub Command1_Click()
Label1.Caption = Text1.Text
Label1.Font.Size = 16
Label1.ForeColor = vbBlue
Label1.FontBold = True
End Sub

Private Sub Command2_Click()
End
End Sub

Private Sub Form_Activate()
Text1.SetFocus
End Sub


Latihan 3 :
ð  Buatkan Tampilan form dibawah ini dengan menggunakan : Label, Text, Command Button, Option Button, Checkbox dan Frame
 









ð  Sintax Program ;
Private Sub Command1_Click()
    Label2.Caption = Text1.Text
End Sub
Private Sub Command2_Click()
    End
End Sub
Private Sub Option1_Click()
    Label2.ForeColor = vbBlue
End Sub
Private Sub Option2_Click()
    Label2.ForeColor = vbRed
End Sub
Private Sub Check1_Click()
    Label2.FontBold = Check1.Value
End Sub
Private Sub Check2_Click()
    Label2.FontItalic = Check2.Value
End Sub
Private Sub Check3_Click()
    Label2.FontUnderline = Check3.Value
End Sub


Latihan 4 :
ð  Buatkan Tampilan form dibawah ini dan Tuliskan Sintax programnya.


PEMBELAJARAN 2

Pada Pembelajaran kedua kita mencoba menggunakan Komponen lain untuk bisa membuat suatu program inputan pada komponen Label, Text, Listbox dan komponen Combobox.
Latihan 1 :
ð  Buatkan tampilan dibawah ini dengan menggunakan Label dan Combo dan  Button.
ð  Sintax Program ;
Private Sub Form_Load()
Combo1.AddItem "Pemrograman"
Combo1.AddItem "Microsoft"
Combo1.AddItem "Visual"
Combo1.AddItem "Basic"
End Sub

Private Sub Combo1_Click()
Label1.Caption = Combo1.Text
Combo1.SetFocus
End Sub

Private Sub Command1_Click()
Label1.Caption = Combo1.Text
Combo1.SetFocus
End Sub

Latihan 2 :
ð  Buatkan tampilan dibawah ini dengan menggunakan Label dan Combo dan  Button.
Keterangan :


Combo1  berisi Beberapa Field ini :
-      Microsoft Windows XP
-      Linux
-      UNIX
-      Macinthosh
-       Free BSD
Combo2 berisi Field :
-      Microsoft Word
-      Microsoft Excell
-      Microsoft Access
-      Microsoft Power Point
-      Microsoft Publisher


-      Button Proses untuk mengaktifkan data yangada di label supaya muncul sesuai yang ada pada Combo.
-      Button Ulang berfungsi untuk menghilangkan kembali tulisan yang ada pada label.

Latihan 3 :
ð  Buatkan tampilan dibawah ini dengan menggunakan listbox dan Combo dan  Button.
-      Isi combo dengan beberapa field nama seseorang :
Michael Jhonson
Peter Smith
Albert Enstein
Linus Torvalds
Bill Gates


-      Perintah Add untuk menampilkan data yang di combo muncul pada listbox.
-      Perintah Delete untuk menghapus field yang sudah masuk di listbox. Dengan menghapus satu-satu pada listbox.
-      Perintah Clear untuk mengosongkan kembali tampilan pada ListBox.

PEMBELAJARAN 3
Penggunaan Data dan Variabel

Mengenal Data dan Variabel
Ketika seorang user (pengguna) menggunakan sebuah program komputer, seringkali komputer memintanya untuk memberikan informasi. Informasi ini kemudian disimpan atau diolah oleh komputer. Informasi inilah yang disebut dengan DATA.

Visual Basic 6 mengenal beberapa type data, antara lain :
-      String adalah type data untuk teks (huruf, angka dan tanda baca).
-      Integer adalah type data untuk angka bulat.
-      Single adalah type data untuk angka pecahan.
-      Currency adalah type data untuk angka mata uang.
-      Date adalah type data untuk tanggal dan jam.
-      Boolean adalah type data yang bernilai TRUE atau FALSE.
Data yang disimpan di dalam memory komputer membutuhkan sebuah wadah. Wadah inilah yang disebut dengan VARIABEL. Setiap variabel untuk menyimpan data dengan type tertentu membutuhkan alokasi jumlah memory (byte) yang berbeda. Variabel dibuat melalui penulisan deklarasi variabel di dalam kode program :

Dim <nama_variabel> As <type_data>
Contoh : Dim nama_user As String
Aturan di dalam penamaan variabel :
-      Harus diawali dengan huruf.
-      Tidak boleh menggunakan spasi. Spasi bisa diganti dengan karakter underscore (_).
-      Tidak boleh menggunakan karakter-karakter khusus (seperti : +, -, *, /, <, >, dll).
-      Tidak boleh menggunakan kata-kata kunci yang sudah dikenal oleh Visual Basic 6 (seperti : dim, as, string, integer, dll).
Sebuah variabel hanya dapat menyimpan satu nilai data sesuai dengan type datanya. Cara mengisi nilai data ke dalam sebuah variabel :

<nama_variabel> = <nilai_data>
Contoh : nama_user = “krisna”
Untuk type data tertentu nilai_data harus diapit tanda pembatas. Type data string dibatasi tanda petikganda : “nilai_data”. Type data date dibatasi tanda pagar : #nilai_data#. Type data lainnya tidak perlutanda pembatas.
Sebuah variabel mempunyai ruang-lingkup (scope) dan waktu-hidup (lifetime) :
-      Variabel global adalah variabel yang dapat dikenali oleh seluruh bagian program. Nilai data yang tersimpan didalamnya akan hidup terus selama program berjalan.
-      Variabel lokal adalah variabel yang hanya dikenali oleh satu bagian program saja. Nilai data yang tersimpan didalamnya hanya hidup selama bagian program tersebut dijalankan.
Variabel yang nilai datanya bersifat tetap dan tidak bisa diubah disebut KONSTANTA. Penulisan deklarasi konstanta di dalam kode program :

Const <nama_kontanta> As <type_data> = <nilai_data>
Contoh : Const tgl_gajian As Date = #25/09/2003#

Latihan 1 :
Buatkan tampilan dibawah ini dengan menggunakan Button dan Text.
Sintax Program
Private Sub Command1_Click()

Dim test1 As String
test1 = "nusantara"
Label1.Caption = test1

End Sub


Private Sub Command2_Click()

Dim Test2 As Integer
test2 = 10
Label1.Caption = test1

End Sub


Private Sub Command3_Click()

Const test3 As Single = 90.55
Label1.Caption = test1

End Sub



Latihan 2 :
Buatkan tampilan dibawah ini dengan menggunakan Button dan Text.
Sintax Program :
Sintax Program :
Private Sub Command1_Click()
Dim X, Y As Integer
X = Text1.Text
Y = Text2.Text
Text3.Text = X + Y
End Sub
Private Sub Command2_Click()
Text1.Text = ""
Text2.Text = "" Text3.Text = ""
Text1.SetFocus
End Sub
Latihan 3 :
Buatkan tampilan dibawah ini dan tuliskan sintax programnya.


PEMBELAJARAN 4
QUIS

Visual Basic 6 mengenal beberapa type data, antara lain :
-      String adalah type data untuk teks (huruf, angka dan tanda baca).
-      Integer adalah type data untuk angka bulat.
-      Single adalah type data untuk angka pecahan.
-      Currency adalah type data untuk angka mata uang.
-      Date adalah type data untuk tanggal dan jam.
-      Boolean adalah type data yang bernilai TRUE atau FALSE.
Data yang disimpan di dalam memory komputer membutuhkan sebuah wadah. Wadah inilah yang disebut dengan VARIABEL. Setiap variabel untuk menyimpan data dengan type tertentu membutuhkan alokasi jumlah memory (byte) yang berbeda. Variabel dibuat melalui penulisan deklarasi variabel di dalam kode program :



Dim <nama_variabel> As <type_data>
Contoh : Dim nama_user As String

Latihan 1 :
Buatkan tampilan dibawah ini :













Code Program :



Dim var1 As Single, var2 As Single
Dim hasil As Single

Private Sub Form_Load()
    Text1.Text = ""
    Text2.Text = ""
    Label3.Caption = ""
End Sub

Private Sub Option1_Click()
    var1 = Text1.Text
    var2 = Text2.Text
    hasil = var1 + var2
    Label3.Caption = hasil
End Sub

Private Sub Option2_Click()
    var1 = Text1.Text
    var2 = Text2.Text
    hasil = var1 - var2
    Label3.Caption = hasil
End Sub

Private Sub Option3_Click()
    var1 = Text1.Text
    var2 = Text2.Text
    hasil = var1 * var2
    Label3.Caption = hasil
End Sub

Private Sub Option4_Click()
    var1 = Text1.Text
    var2 = Text2.Text
    hasil = var1 / var2
    Label3.Caption = hasil
End Sub

Private Sub Option5_Click()
    var1 = Text1.Text
    var2 = Text2.Text
    hasil = var1 & var2
    Label3.Caption = hasil
End Sub

Private Sub Option6_Click()
    var1 = Text1.Text
    var2 = Text2.Text
    hasil = (var1 > var2)
    Label3.Caption = Format(hasil, "True/False")
End Sub




Private Sub Option7_Click()
    var1 = Text1.Text
    var2 = Text2.Text
    hasil = (var1 < var2)
    Label3.Caption = Format(hasil, "True/False")
End Sub

Private Sub Option8_Click()
    var1 = Text1.Text
    var2 = Text2.Text
    hasil = (var1 = var2)
    Label3.Caption = Format(hasil, "True/False")
End Sub

Private Sub Option9_Click()
    var1 = Text1.Text
    var2 = Text2.Text
    hasil = (var1 <> var2)
    Label3.Caption = Format(hasil, "True/False")
End Sub

Private Sub Option10_Click()
    var1 = Text1.Text
    var2 = Text2.Text
    hasil = (var1 >= var2)
    Label3.Caption = Format(hasil, "True/False")
End Sub

Private Sub Option11_Click()
    var1 = Text1.Text
    var2 = Text2.Text
    hasil = (var1 <= var2)
    Label3.Caption = Format(hasil, "True/False")
End Sub

Private Sub Option12_Click()
    var1 = IIf(Text1.Text = "True", -1, 0)
    hasil = Not (var1)
    Label3.Caption = Format(hasil, "True/False")
End Sub

Private Sub Option13_Click()
    var1 = IIf(Text1.Text = "True", -1, 0)
    var2 = IIf(Text2.Text = "True", -1, 0)
    hasil = (var1 Or var2)
    Label3.Caption = Format(hasil, "True/False")
End Sub

Private Sub Option14_Click()
    var1 = IIf(Text1.Text = "True", -1, 0)
    var2 = IIf(Text2.Text = "True", -1, 0)
    hasil = (var1 And var2)
    Label3.Caption = Format(hasil, "True/False")
End Sub




Latihan 2 :
Kerjakan soal dibawah ini sebagai penilaian QUIS anda:

1.     Buatkan satu tampilan program untuk menampilkan rumus Volume dan Luas Balok.
2.     Buatkan tampilan program untuk menampilkan rumus Volume Tabung.
3.     Buatkan tampilan program untuk menampilkan rumus Luas Segitiga.
4.     Buatkan tampilan program untuk menampilkan rumus Luas Lingkaran.


PEMBELAJARAN 5
MENGENAL STRUKTUR KONTROL

Struktur kontrol di dalam bahasa pemrograman adalah perintah dengan bentuk (struktur) tertentu yang digunakan untuk mengatur (mengontrol) jalannya program. Visual Basic 6 mengenal dua jenis struktur kontrol, yaitu :
1.     Struktur kontrol keputusan - digunakan untuk memutuskan kode program mana yang akan dikerjakan berdasarkan suatu kondisi. Akan dibahas pada bab ini.
2.     Struktur kontrol pengulangan - digunakan untuk melakukan pengulangan kode program. Akan dibahas pada bab selanjutnya.
Ada dua bentuk struktur kontrol keputusan, yaitu :
1. Struktur IF…THEN. Akan dibahas pada bab ini.
2. Struktur SELECT…CASE. Akan dibahas pada bab selanjutnya.

Bentuk penulisan (syntax) struktur IF…THEN :
1. IF <kondisi> THEN <kode program>
Bila <kondisi> bernilai True maka <kode program> akan dikerjakan.
2. IF <kondisi> THEN <blok kode program 1>
    ELSE
    <blok kode program 2>
END IF
Bila <kondisi> bernilai True maka <blok kode program 1> akan dikerjakan, tetapi bila <kondisi> bernilai False maka <blok kode program 2> yang akan dikerjakan.




Latihan 1 :
ð  Sintax Program ;
Private Sub Command1_Click()
If Text1.Text = "Rahasia" Then Image1.Visible = True
End Sub
Anda juga bisa menuliskan Code Program seperti dibawah ini dengan menggunakan fungsi kondisi If-Then-Else :

ð  Sintax Program ;
Private Sub Command1_Click()
If Text1.Text = "Rahasia" Then
Image1.Visible = True
Text1.Enabled = False
Command1.Enabled = False
Else
MsgBox "Passwordnya Salah !"
Text1.Text = ""
Text1.SetFocus
End If
End Sub








Latihan 2 :
Buat tampilan program dan masukkan componen Label, Text dan Command. Keterangan program akan menampilkan jika :
Nilai
Keterangan
A
Sangat Baik
B
Baik
C
Cukup
D
Kurang
Selain itu
Tidak Dikenal

Latihan 3 :
Buat tampilan program dan masukkan componen Label, Text dan Command. Keterangan program akan menampilkan jika :
Nilai
Keterangan
>= 90
Sangat Memuaskan
80 – 89
Memuaskan
70 – 79
Baik
60 – 69
Cukup
0 – 59
Kurang

PEMBELAJARAN 6
MENGENAL STRUKTUR KONTROL

Ada dua bentuk struktur kontrol keputusan, yaitu :
1. Struktur IF…THEN. Sudah dibahas pada bab yang lalu.
2. Struktur SELECT…CASE. Akan dibahas pada bab ini.

1.2 Struktur Kontrol Select…Case
Bentuk penulisan (syntax) struktur SELECT…CASE :

SELECT CASE <pilihan>
CASE <pilihan 1>
<blok kode program 1>
CASE <pilihan 2>
<blok kode program 2>
CASE <pilihan n>
<blok kode program n>
[CASE ELSE
<blok kode program x>]
END SELECT
Bila <pilihan> sesuai dengan <pilihan 1> maka <blok kode program 1> akan dikerjakan, dst. Tetapi bila <pilihan> tidak ada yang sesuai dengan <pilihan 1> s/d <pilihan n> maka <blok kode program x> yang akan dikerjakan.

Latihan 1 :


ð  Sintax Program ;
Private Sub Form_Load()
List1.AddItem "Disket"
List1.AddItem "Buku"
List1.AddItem "Kertas"
List1.AddItem "Pulpen"
End Sub

Private Sub Command1_Click()
Dim harga As Currency, total As Currency
Dim jumlah As Integer
Dim diskon As Single
Dim satuan As String
If List1.Text = "" Then
MsgBox "Anda belum memilih barang !!"
List1.ListIndex = 0
Exit Sub
End If
If Text1.Text = "" Then
MsgBox "Anda belum mengisi jumlah barang !!"
Text1.SetFocus
Exit Sub
End If
Select Case List1.Text
Case "Disket"
harga = 35000
satuan = "Box"
Case "Buku"
harga = 20000
satuan = "Lusin"
Case "Kertas"
harga = 25000
satuan = "Rim"
Case "Pulpen"
harga = 10000
satuan = "Pak"
End Select
lblBarang.Caption = "Barang : " & List1.Text
lblHarga.Caption = "Harga : " & Format(harga, "Currency") & "/" & satuan
lblJumlah.Caption = "Jumlah : " & Text1.Text & " " & satuan
jumlah = Text1.Text

Select Case jumlah
Case Is < 10
diskon = 0
Case 10 To 20
diskon = 0.15
Case Else
diskon = 0.2
End Select
total = jumlah * (harga * (1 - diskon))
lblDiskon.Caption = "Diskon : " & Format(diskon, "0 %")
lblTotal.Caption = "Total Bayar : " & Format(total, "Currency")
End Sub










Latihan 2 :
Buat tampilan program dan masukkan componen Label, Text dan Command. Keterangan program akan menampilkan jika :
Nilai
Keterangan
A
Sangat Baik
B
Baik
C
Cukup
D
Kurang
Selain itu
Tidak Dikenal

Latihan 3 :
Buat tampilan program dan masukkan componen Label, Text dan Command. Keterangan program akan menampilkan jika :
Nilai
Keterangan
>= 90
Sangat Memuaskan
80 – 89
Memuaskan
70 – 79
Baik
60 – 69
Cukup
0 – 59
Kurang



PEMBELAJARAN 7
PENGGUNAAN STRUKTUR KONTROL PENGULANGAN

Mengenal Struktur Kontrol
Struktur kontrol di dalam bahasa pemrograman adalah perintah dengan bentuk (struktur) tertentu yang digunakan untuk mengatur (mengontrol) jalannya program. Visual Basic 6 mengenal dua jenis struktur kontrol, yaitu :

  1. Struktur kontrol keputusan - digunakan untuk memutuskan kode program mana yang akan dikerjakan berdasarkan suatu kondisi. Sudah dibahas pada bab lalu.
  2. Struktur kontrol pengulangan - digunakan untuk melakukan pengulangan kode program. Akan dibahas pada bab ini.

Ada dua bentuk struktur kontrol pengulangan (looping), yaitu :
1. Struktur FOR…NEXT.
2. Struktur DO…LOOP.

·         STRUKTUR KONTROL FOR…NEXT
Bentuk penulisan (syntax) struktur For…Next :
FOR <pencacah> = <awal> TO <akhir> [STEP <langkah>] <blok kode program> NEXT <pencacah>
<pencacah> adalah variabel (tipe: integer) yang digunakan untuk menyimpan angka pengulangan.
  <awal> adalah nilai awal dari <pencacah>.
  <akhir> adalah nilai akhir dari <pencacah>.
  <langkah> adalah perubahan nilai <pencacah> setiap pengulangan. Sifatnya optional (boleh ditulis ataupun tidak). Bila tidak ditulis maka nilai <langkah> adalah 1.

·         STRUKTUR KONTROL DO…LOOP
Bentuk penulisan (syntax) struktur Do…Loop :
  1. DO WHILE <kondisi>
<blok kode program>
LOOP
<blok kode program> akan diulang selama <kondisi> bernilai TRUE. Pengulangan berhenti bila <kondisi> sudah bernilai FALSE.
  1. DO UNTIL <kondisi>
<blok kode program>
LOOP
<blok kode program> akan diulang sampai <kondisi> bernilai TRUE. Pengulangan berhenti bila <kondisi> sudah bernilai TRUE.



Latihan 1 :

 

 








ð  Sintax Program ;


Dim i As Integer

Private Sub Command1_Click()
    List1.Clear
    For i = 1 To 100
        List1.AddItem "Angka " & i
        'If i = 50 Then Exit For
    Next i
End Sub

Private Sub Command2_Click()
    List1.Clear
    For i = 100 To 1 Step -2
        List1.AddItem "Angka " & i
    Next i
End Sub




Private Sub Command3_Click()
    List1.Clear
    i = Asc("A")
    Do Until i > Asc("Z")
        List1.AddItem "Huruf " & Chr(i)
        'If Chr(i) = "M" Then Exit Do
        i = i + 1
    Loop
End Sub

Private Sub Command4_Click()
    List1.Clear
    i = Asc("Z")
    Do While i >= Asc("A")
        List1.AddItem "Huruf " & Chr(i)
        i = i - 1
    Loop
End Sub





Latihan 2 :
 





















Gunakan Struktur Kontrol For..Next atau Do..Loop
Buatkan code programnya Jika di Klik tiap Button, dengan ketentuan :
·         List1 berisi tulisan “Pemrograman “ sebanyak 100
·         List1 berisi tulisan “Visual “ sebanyak 100
·         List1 berisi tulisan “Basic “ sebanyak 100

Latihan 3 :
















Ketentuan :
  • Combo1 berisi “Pemrograman”, “Visual”, “Basic”.
  • Setiap isi yang ditampilkan di combo1 akan keluar di List1 sebanyak 100 kali.